PRJ 2011

Akhirnya, niat buat pergi ke Jakarta Fair kesampaian juga kemarin bareng teman-teman sekampus. Capek, tapi seru. Walaupun pulangnya saya tidak menenteng tas belanjaan seperti pengunjung-pengunjung lain. Tapi, meski tidak berbelanja, sekadar jalan-jalan sambil sibuk keluar masuk toko (buat ngadem) sambil asik membongkar-bongkar baju-baju yang di-sale tidak menyurutkan semangat saya di Jakarta Fair tahun ini. Seumur hidup, ini adalah pertama kalinya  saya mengunjungi Jakarta Fair yang akrab dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (disingkat jadi PRJ). Seperti tahun sebelumnya, PRJ diadakan di Kemayoran, Jakarta Pusat. Daaan, saya juga belum pernah ke sana (*ehm malu). Padahal sudah hampir tiga tahun saya hidup di ibukota ini. Jadi, ini momen yang pas-lah bagi saya untuk menelusuri bagian-bagian lain kota megapolitan yang punya penduduk super padat dan sibuk ini. :))

Jadi, begitu ada ajakan dari Wira buat belanja ke PRJ hari Jumat (24 Juni), saya segera nggak menolak. Ada 7 personel yang akan menjajal PRJ sore itu: saya, Wira, Ryche berikut Roufiq, Nanda, Salsi, dan Dini. Kita berangkat sesudah shalat Ashar. Dari Halte Bidaracina, kita naik bus Transjakarta dengan tujuan Ancol lalu berhenti di halte Jembatan Merah. Di salah satu sudut halte mata saya menangkap ada petunjuk arah yang ditulis tangan tertempel, memberi petunjuk pada penumpang: "Ke PRJ, naik angkot 53 dekat Bank Mandiri." Mas-mas petugas bus Transjakarta juga nggak kalah kasih informasi penumpang-penumpang bus yang rame, "Yang mau ke PRJ naik angkot 53 ya..."

Pekan Raya Jakarta ini pasti rame dan meriah nih karena persimpangan jalan mengarah ke event ini padat sesak diisi angkot dan mobil-mobil pribadi yang bertolak kesana. Setelah menyeberang jalan, kami segera naik angkot 53 dan sampai di JIExpo (saya lupa berapa lama kesananya, cukup macet). Kami pun segera mencari loket pembelian tiket dan mengantri di loket yang berada di antara Hall B3 dan Hall C3 seperti terlihat pada peta di bawah ini. Belakangan saya ketahui, ada banyak loket tiket ternyata yang dibuka :D. Jelasnya liat peta di bawah ini:

Peta Jakarta Fair Kemayoran 2011
Tiap-tiap orang cukup membayar dua puluh lima ribu untuk tiket masuk hari Jumat, begitu pun jika hari libur. Kalau hari biasa (Senin – Kamis), lebih murah lima ribu, cuma dua puluh ribu dan setelah itu di dalem kita bakalan puas menggemporkan kaki di Arena JIExpo. Berikut penampakan tiketnya yang udah disobek di pintu masuk.

tiket masuk hari Jumat
Tiket masuk ini juga bisa ditukarkan di counter-counter dan stan-stan di Arena PRJ seperti: counter Picazzo, League, counter Sostro, stan NU Green Tea, stan Sido Muncul, stan Telkomsel, stan Big Cola, stan JIExpo Catering dan banyak lainnya. Saya hanya tukar tiket masuk dengan tambahan lima ribu rupiah di counter Sostro untuk mendapatkan Fruit TeaHappy Jus, berikut Teh Botol Sostro.
wujud tiket masuk tampak belakang
Sebelum berangkat saya sudah mengecek sebelumnya siapa saja artis yang bakalan menggoyang panggung PRJ Jumat itu. Sayangnya Shaggydog, Steven Jam, Gangsta Rasta, dan Mizura bukan band-band atau penyanyi favorit saya sehingga saya tidak begitu antusias dekat-dekat panggung utama untuk menonton penampilan mereka. Jadwal konser musik artis dan band-band selama 32 hari yang ikut memeriahkan PRJ hingga 10 Juli nanti bisa dilihat di bawah ini:
Konser Musik JIEXPO Panggung Utama








Konser Musik JIEXPO - Panggung Budaya Gambir Expo
Begitu tiket masuk di tangan, kita bertujuh segera masuk dong setelah sebelumnya melewati bapak-bapak penjaga keamanan berbaju hitam. Awalnya bingung, mau masuk lewat Hall B3 atau C3. Dan kita pilih masuk lewat Hall B3  karena yang paling deket waktu itu. hihi. Begitu masuk, yang pertama saya rasakan adalah adeeeemmm... dan rame!
Penampakan Hall B3
Di Hall ini, saya sempat ditarik sama mas-mas (apa mbak-mbak ya?) SPG yang lagi mempromosikan produk pemutih wajah dan penghilang jerawat berbahan dasar bengkoang (saya lupa merknya apa). Karena baik hati (apa dodol, yah) ;p, saya pasrah aja gituuu ditarik mas-masnya masuk ke dalam stan dagangannya. Kemudian, dengan lincah ia sudah  mengoleskan semacam scrub ke kulit tangan kanan saya dan dengan lancar menerangkan bagaimana produk itu bekerja mengikis kulit-kulit kusam dan mengangkat sel-sel kulit mati. Tak ketinggalan ia memeragakan cara memakai dan membersihkannya di tangan saya. Saya hanya bisa planga-plongo bego dan ngangguk-ngangguk ngerti agar ia tidak merasa diacuhkan.
Nah, begitu ia sudah mulai menawarkan sekotak kecil produk tadi seharga dua puluh lima ribu rupiah (setelah didiskon tentunya), saya sudah mulai sadar dan  pasang tampang manis tak berdosa, menolak dengan halus, lalu melenggang pergi dari rayuan mau mas tersebut.. Ah parah deh bisa nyangkut disana. Hahaha...
Tiket masuk ini juga bisa ditukarkan di counter-counter dan stan-stan di Arena PRJ seperti: counter Picazzo, League, counter Sostro, stan NU Green Tea, stan Sido Muncul, stan Telkomsel, stan Big Cola, stan JIExpo Catering dan banyak lainnya. Saya sih hanya tukar tiket masuk dengan tambahan lima ribu rupiah di counter Sostro untuk mendapatkan Fruit TeaHappy Jus, berikut Teh Botol Sostro.
Kita lanjut jalan keluar dari Hall B, melewati stan Kawasaki, TVS, dan KYT dengan motor keren-keren yang terpajang di showroomnya. Bikin ngiler dan ngeces deh begitu liat motor-motor gede nan seksi itu! *loohh? *salah fokus
Oiya, tertangkap di kamera saku saya nih mbak-mbak yang ngbrit turun  setelah foto bareng sama om berbadan gede yang biasa main sebagai bodyguard di tivi. 
mbaknya minggat manis selesai dipoto-poto, hihihi
Berhubung areanya luas, dan saya nggak hafal peta, jadilah kita celingak-celinguk bingung mau kemana lagi. Kita kemudian masuk ke Hall A lewat pintu masuk A2. Beda dengan suasana luar yang hiruk pikuk, di Hall A agak damai dan tenang. Saya pun segera mengenali kalau Hall A ini berisi stan-stan furniture, springbed, interior, karpet, keramik dan sejenisnya. Banyak stan yang menawarkan potongan harga yang menggiurkan dan menggoncang isi dompet, sampai 70% gitu loh potongannya!
Namun, menurut pandangan mata saya, Hall ini agak sepi pengunjung. Jadi enak buat cuci mata dan lihat-lihat. :D
furniture area
Karena magrib sudah masuk ketika kami di Hall A, kami pun segera mencari mushalla. Tidak lama menemukannya, ada di selatan Hall. Mushalla-nya kecil, tapi masih nyaman. Berhubung saya sedang "cuti" maka saya lanjut jalan-jalan dan lihat-lihat sekeliling Hall bersama Nanda, dan Salsi. Kita keluar dari Hall A lalu pindah ke Hall D, di sebelahnya. Kita menemukan stan Innovation Store di pojok timur.
Innovation Store
potongan harga yang menggiurkan!
Menunggui Salsi belanja agak lama juga ternyata, apalagi kaki udah minta jalan lagi; mata udah lirik sana-sini; dan tangan saya juga udah gatel pingin foto-foto dan liat-liat stan-stan lain di Hall ini. Jadi, daripada bosan, saya memberitahu Nanda kalau mau melihat-lihat sebentar sambil nungguin Salsi dan ngeloyor pergi sendiri sambil menenteng kamera di tangan kanan.

langit-langitnya bagus yah *kaki udah mulai gempor*
Saya berkeliling dan melihat setiap stan-stan yang ada di Hall D. Rame dimana-mana.

rame euiy!
ngilerrr... >,<
Hall D
nyangkut buat nonton ulang Avatar ;p
Tidak lama, teman-teman lain sudah bergabung lalu kita mampir di stan Cadburry buat beli coklat batangannya (makasih ya Wira yang bikin saya beli ini):

Wira, Dini, Ryche, saya, dan Salsi | thanks to Roufiq yang motoin kita :D 
Sambil makan coklat, saya, beserta teman-teman lain keluar dari Hall D dan menemukan gerbang Gambir

Gambir Expo dengan lautan manusianya
Sebelum lanjut berkeliling, kita mengisi perut di foodcourt terdekat untuk mengantisipasi amukan penghuni-penghuninya agar aktifitas menggemporkan kaki kita tidak terganggu. Ramen Gokana Teppan jadi pilihan. Yak! perut kenyang, hati senang, ya hayuk c'mon kita genjot jalan lagi. :D
Asli! di PRJ kali ini rame sekali pengunjungnya. Acaranya juga beragam di tiap-tiap stan. Wajib hukumnya kayaknya bagi stan-stan yang berpartisipasi buat ngasih potongan harga gede, ngadain games seru berhadiah (saya ngincer ini tapi nggak dapat kesempatan), dan acara-acara seru lainnya. Saya sempat berfoto dengan si Nexian nih demi menghibur diri yang nggak kesampaian ikutan kuis.
Bareng Nexian smiley :))
Nggak terasa udah malem aja dan kita udah nggak tahu lagi apa yang mau dicari. Kaki  juga udah mulai bekonde. Jadi, kita cabut pulang deh. Pas mau pulang, keramaian masih belum berkurang juga loh:

ramainyaaa
Melewati abang penjual kerak telor sedang melayani pembeli:

Kerak Telor
Nah, begitulah sedikit cerita mengenai Pekan Raya Jakarta tahun 2011. Sampai jumpa lagi di cerita Jakarta Fair 2012... :D
***
Jakarta Fair Kemayoran 2011, 9 Juni - 10 Juli 2011
Lokasi: JIEXPO, Arena Pekan Raya Jakarta, 10620. Jakarta Pusat.
Senin - Kamis: 15.30 - 22.00
Jumat: 15.30 - 23.00
Sabtu - Minggu: 10.00 - 23.00
Harga Tiket Masuk
1.  Senin - Kamis: Rp 20.000,-
2.  Jumat dan hari libur: Rp 25.000,-
Facebook: jakartafair
Twitter: @jiexpo
Pin BB: 220CD599
Info lebih lanjut: +622 126 645 000
***
Rute pergi saya:
Dari arah Kampung Melayu, naik busway arah Ancol lalu berhenti di halte Jembatan Merah kemudian naik angkot 53 (ongkos: Rp 2.000,-) di seberang jalan begitu keluar dari halte busway.
Rute Pulangnya:
Naik angkot 01 jurusan Kampung Melayu, ongkos: Rp 6.000,-
***
INFO TAMBAHAN
Helooo... kamu-kamu berasal dari luar Jakarta? bela-belain 'datang Jakarta' untuk mengunjungi Pekan Raya Jakarta tapi sayangnya nggak punya temen/sanak famili buat dijadiin tempat untuk numpang nginep? Ada solusinya! kamu bisa pilih hotel-hotel di Jakarta sebagai gantinya, mudah kok, browsing aja hotel pilihan langsung dari laptop, tablet atau ponsel kamu di Agoda. Semua harga hotel ada, dari yang WOW GILA! sampai yang termurah, tinggal kamu tentukan pilihan yang sesuai keinginan dan dompet kamu. Nggak pake ribet, kan? Have fun!
;))

Comments

  1. It was nice experience to be there...
    I wanna come again next year...
    :D

    ReplyDelete
  2. hahahaha...
    tato laki laki yang di motor serem yaa...

    salam dkpd ;-)

    ReplyDelete
  3. tatonya zuper zekalih...
    badannya itu loh yang bikin ngeri sebenarnya.
    hahaha
    makasih sudah berkunjung yaa
    ;))

    ReplyDelete

Post a Comment

What do you think?

Tell me your thoughts...

Popular posts from this blog

Pengalaman Ngurus SKCK di Kota Padang

Kartu Kehadiran Seminar Skripsi

Sweet Marriage Proposal I love :)