Kunjungan Pertama ke Bidan dan Dokter Kandungan: UK 6 minggu

Allahu akbar, saya hamil!

Jujur saya senang dan sedih sebenarnya pas liat hasil testpack garis merahnya ada dua, bukannya satu kayak hasil testpack yang pernah saya lakukan bulan sebelumnya. Tapi kalau dibikin jadi persentase seberapa gede sedih dan senangnya, saya ngrasain banyakan sedihnya daripada senangnya. Alasannya: karena saya masih tinggal terpisah kota dengan suami. Saya masih ngekos di Batusangkar, sedangkan suami tinggal di rumah mama dan papa di Padang. Udah pasti saya terpaksa harus sangat bersabar menjalani kehamilan ini seorang diri di Batusangkar tanpa suami dan keluarga yang mendampingi. Emosional banget rasanya tiap malam nangis mulu karena pengen manja sama suami, meluk dan cium-cium suami nggak kesampaian. Lelah dan capek, ya Rabbi! Iya, saya makin moody dan gampang marah sejak hamil. Galau luar biasa bahkan sama hal sepele sekalipun.

Kegiatan rutin saya masih sama kayak sebelum nikah, kerja sebagai abdi negara di Kota Batusangkar dari Senin sampai Jum'at. Tiap Jumat sore pulang ke Padang dan balik lagi Minggu sore ke Batusangkar. Udah 4 tahun lebih saya ngejalanin kegiatan ini sejak 11 Mei 2014. Huuhuuhuuuu, saya udah capek secara mental dan fisik ya Allah, pindahkanlah saya ke Padang agar bisa serumah dan sekota sama suami hamba, ya Rabb! nyari duit kok kayak gini amaaat sampai keluarga ditelantarin. T.T

"Minta pindah ikut suami, dong!" Udah! izin mutasi pindah saya tidak dikabulkan ikut suami ke Kota Padang, tapi dikabulkannya oleh bapak ibu pejabat terhormat itu ke Kabupaten Padang Pariaman. Lho kan dekat sama Padang? Memang dekat, tapi tiap hari komuter Padang-Pariaman, entah itu saya atau suami nantinya pasti akan capek fisik dan mental ya, trus pasti ngaruh ntar ke keluarga kecil kami. Saya  dan suami nggak mau ambil resiko itu. Lagian ngapain saya ke Padang Pariaman, suami saya di Padang. Bete!

Astagfirullahaladziiim..., saya slalu berdoa semoga Allah menakdirkan saya dan suami agar bisa selalu bersama slama-lamanya, segera kerja dan tinggal di kota yang sama supaya kami dapat menjalani kehidupan rumah tangga layaknya keluarga normal lainnya. Saya yakin dan percaya jika Allah berkehendak, tidak ada yang dapat menghalangi takdir Allah. Saya berpasrah diri dan tawakal kepada Allah, semoga Allah mengabulkan doa dan permintaan saya dan suami tersebut. Kun Fayakun! Amiiin... (mohon aminin dan doain juga ya pembaca blog-ku yang baik)

Bagian yang bikin senang adalah kehamilan saya ini menjadi bukti nyata bahwa saya dan suami sama-sama subur, Alhamdulillahirobbil'alamiin. Selain itu, perhatian dan saran-saran baik dari orang sekitar saya begitu tau saya hamil membuat saya merasa dicintai dan dihargai. Saya senang! Setelah memproklamirkan ke rekan-rekan di kantor mengenai kehamilan ini, saya akhirnya memutuskan untuk harus segera bikin janji ketemu dokter kandungan. Sebelum ke dokter kandungan, saya udah lebih dulu cek ke bidan Erna di Astek tempat mama melahirkan adek-adek saya dulu. Agak aneh juga, biasanya dulu pas kicik-kicik, saya datang ke bidan Erna ini buat berobat pas sakit demam, batuk, atau flu, dll nya. Tapi sekarang datang sebagai ibu hamil!

Konsultasi dengan bidan:
Saya datang ke bidan ditemani mama soalnya suami lagi dinas ke Jakarta dan belum pulang. Ujug-ujug ditanyain siapa yang sakit. Trus dengan muka lempeng bin bengong, saya bilang "Saya hamil, bu". Bidannya nanya udah dites apa belum, terus saya jawab udah tes sampe empat kali dan hasilnya dua garis merah jelas empat-empatnya. Habis itu bu Erna bikin catatan medis di kartu konsultasi kuning yang isinya nama, tanggal lahir, umur, alamat, dan nomor hape saya dan suami, setelah itu ditanyainlah hari pertama haid terakhir kapan, keluhannya apa aja, trus saya disuruh masuk ruangan periksa buat ngukur tensi darah dan nimbang berat badan. 

Alhamdulillah banget, hingga saat ini saya tidak merasakan keluhan yang berat selama awal-awal kehamilan ini, bersyukur aja calon bayi nggak banyak tingkah dan nggak bikin mamanya kewalahan. Kalo saya bilang ke orang-orang, calon bayi ini mirip papanya mungkin nanti nih, nggak banyak gaya dan kalem, nggak kayak mamanya yang spanengnya kadang tinggi kadang rendah, apalagi moodnya yang kayak roller coaster sampe bikin senewen papanya :p

Hasil pengukuran tensi nunjukin kalo tensi saya rendah, cuma 90/70 (kalo ga salah denger belakangnya ya). Berat badan masih stabil di angka 59,5kg (semoga nggak nambah banyak, tapi calon bayi tetap sehat, amiiin!) Trus saya dikasih obat dan nggak dijelasin obat apa itu yang harus diminum. Alamakjang. Pas bayar kena 50 ribu rupiah. Beres deh.

Konsultasi dengan dr. Dovy Djonas, SpOG (KFM) di RSU Bunda BMC Padang
Setelah ngobrol sama Da Mora (Kasi Sosial di kantor Batusangkar) nanya uni sama uda tersebut dulu konsultasi kehamilan dimana aja selama di Padang, saya disaranin buat konsul sama dokter Dovy. Beliau dokter spesialis kandungan  subspesialis fetomaternal. Saya kurang tau fetomaternal itu apa awalnya. Setelah googling baru lebih paham. Jadi, Selasa tanggal 28 Agustus 2018, saya beraniin diri nelfon ke RSU Bunda BMC Padang buat daftar konsultasi sama dokter Dovy hari Sabtu tanggal 1 September 2018. Alhamdulillah dapat antrian nomor 3 dan dijadwalin buat datang jam 4 sore ke rumah sakit. Siiip!

Singkat cerita saya dan suami abis salat ashar langsung jalan ke rumah sakit. Saya masih nyetir karena suami belum bisa nyetir :P. Nyampe sana salah masuk rumah sakit pula, harusnya ke gedung yang di sebelah kanan yang ada tulisan rumah sakit ibu dan anaknya bukan yang di sebelah kiri. Begitu udah masuk ke rumah sakit langsung nanya sama resepsionis yang ada di depan. Saya disuruh daftar dulu karena pasien baru di sana. Isi biodata dan ditanyain berobat umum atau pakai asuransi. Karena saya tidak dirujuk dan memang datang atas kemauan sendiri dan suami, kami milih berobat umum waktu itu. Sehabis mendaftar, kami langsung ke bagian poli lurus mentok di bagian dalam rumah sakit, nyerahin berkas dan nanya apakah dokternya udah ada. Ternyata dokternya belum datang dan kami disuruh menunggu di ruang tunggu.

Sambil menunggu tidak brapa lama saya dipanggil, ditanya apakah pernah berobat di sini dan ditanyain buku konsultasi. Berhubung pertama kali dan nggak punya buku yang dimaksud, saya dibuatkan satu sama perawat di sana sembari ditanya-tanya: hari pertama haid terakhirnya kapan, keluhan selama ini apa aja, trus disuruh nimbang berat badan sama ukur tensi darah. Karena pas datang perkiraan usia kandungan masih 6 minggu-an, saya diminta buat pipis dulu sebelum masuk ruang periksa nanti. Perawat bilang akan dilakukan USG transvaginal buat mastiin kehamilan. Okelah.

UPDATE TERAKHIR: Saya Keguguran

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Ngurus SKCK di Kota Padang

Kartu Kehadiran Seminar Skripsi

Tim Favorit PKL Angkatan 50!