Copyright © The Journal
Design by Dzignine
modified by @nakhaira
March 25, 2012

Losay Padang

Losay Padang belakang kampus. Rating (4/10)
Dulu, saya sering banget makan losay ini buat sarapan. Selain karena rasanya yang agak familiar dengan lidah padang saya, losay ini tergolong murah buat anak kosan. Cukup merogoh kocek tiga ribu rupiah, saya udah dapat seporsi losay, kalau pake telor, jadi lima ribu aja. Tapi, lama-lama bosan juga ya, makan ini terus buat sarapan. Akhirnya saya mencoba untuk tidak menjajal ini terus tiap pagi.

Eh, tapi ujung-ujungnya kangen terus beli lagi deh. Tapi, kok udah naik aja gitu harganya jadi empat ribu rupiah sepiring dan jadi enam ribu kalau pake telor dan nggak turun sampe sekarang. Alasan ibu penjualnya sih karena harga cabe waktu harga dinaikin itu lagi gila-gilaan, nggak wajar. Ntar, diturunin lagi harganya kalau harga cabe udah ramah lagi di kantong. Nyatanya itu semua hanya isapan jempol belaka. Harga nggak turun. Yaudah, nggap papa deh, saya masih bisa tenggang rasa, masih mampu buat beli lah dengan duit jajan yang dikirim mama. Nah, kalau rasanya yang berubah, saya nggak bisa tenggang rasa rasanya. Masa sekarang kalau saya perhatiin dengan seksama, kuah losaynya nggak sekental dulu (nggak kental banget juga sih), lebih encer dan keliatan kayak kurang santan kelapa banget, lebih berasa minum air. Aaaah, saya kecewaaa, kecewaaa.

Nambah kecewa juga pas tau ibunya juga bukan orang Minang asli setelah ngobrol-ngobrol dengan ibu penjual nasi Padang deket kosan. Saya tertipu rasanya, macam orang beli kucing dalam karung aja. Bukan karena saya orang Minang makanya harus makan makanan yang dibikin asli ama orang Minang juga, tapi lebih ke kekecewaan pada lidah padang saya ini yang lebih cocok dan doyan dengan makanan yang kaya akan bumbu *nyambung nggak nih?*.

Secara keseluruhan, losaynya masih oke lah buat disantap di pagi hari ketika pilihan makan udah nggak ada lagi. Maaf ya buuu... saya terlanjur kecewa dengan perkembangan rasa losay ibu akhir-akhir ini. Terlalu banyak korupsi bumbu-bumbu. Lidah saya masih belum bisa menerimanya.

On Internet

"One thing you should consider before posting: When you make something publicly available on the Internet, it becomes practically impossible to take down all copies of it."
- Tumblr (Terms of Service) 


March 24, 2012

Syukur

Ketika rasa syukur udah mulai berkurang, suka ngeluh panjang lebar, dan iri lihat orang lain bahagia, ini merupakan pertanda bahwa saya harus mencari cara untuk mengatasi dan kembali kepada diri saya sendiri dan kenyataan yang harus saya jalani. Hidup ini jika dipikir-pikir mudah. Manusia hidup di dunia untuk diuji. Siapa diantara manusia-manusia di atas dunia ini yang layak masuk surgaNya atau lebih layak masuk ke nerakaNya. Layaknya permainan, manusia tidak dilepas dengan mudah ke dunia, mereka diberi cobaan, rintangan dan hambatan dalam tugas mereka mencapai tujuan akhir permainan yang telah dirancang dengan sangat jenius oleh tangan Kuasa Tuhan.

Tentu Tuhan tidak meninggalkan manusia begitu saja di dunia ini,  berjalan dan hidup dalam desain permainanNya. Ada pedoman bagi tiap manusia yang telah disusun Tuhan, disampaikan oleh manusia-manusia terpilih. Jika manusia patuh dan mengikuti keseluruhan instruksi Tuhan tersebut, niscaya selamat dan berbahagialah ia dalam meyelesaikan permainan dari YME tersebut. Namun, sayangnya tidak semua manusia berpedoman ke aturan main tersebut. Mereka melenceng dan membuat aturan main sendiri dalam permainan di dunia ini. Sekarang, keputusan dan hasil akhir ada di tangan manusia itu sendiri, apakah ia patuh dan taat pada aturan dan pedoman Tuhan, atau tersesat dalam aturan yang dibuatnya sendiri dan masuk dalam tipu daya dan perangkap si penggoda batin dan jiwa.
"Ketenangan ada dalam batinmu, tapi kau sendiri yang merusaknya dan kau sendiri yang kembali menatanya. Alangkah anehnya manusia."
- Nana Khaira 

*sebuah catatan renungan setelah menyaksikan video di bawah ini*

March 23, 2012

2NE1, to me


Sering banget denger lagu ini di kos Wira, dan ternyata yang nyanyiin 2NE1! Saya nggak terlalu apdet dengan semua boyband dan girlband yang ngehits di korea. Payah juga yah kalau saya sampai nggak tahu 2NE1 ini, soalnya udah sering banget banget dibahas ama temen. Kebanyakan musik mereka memang diolah secara digital. Soal vokal, cewek-cewek asuhan YG Entertainment ini punya suara jenis suara yang  powerful, memikat, dan enak! Levelnya udah pada tingkatan "eargasm" buat telinga saya. Pas di lagu "Lonely" tuh kedengaran banget warna suara CL, Minzy, Dara, dan Bom ini. :))


Surprise juga ya pas tau umurnya si Minzy (18 Januari 1994) ini selevel dengan adik saya. Muda, tenar, dan punya banyak duit. Aiih... bikin envy aja nih anak.

Movies to Watch

Terinspirasi dari blog sebelah, saya pengen juga ngelist film-film yang menarik hati dan mata saya buat segera ditonton. Cek it out yo bro.sist :))

1. Batman - The Dark Knight Rises


Film terakhir kisah pahlawan "Gotham City" ini dikemas oleh sang sutradara, Christoper Nolan. "Bruce Wayne" (Batman) masih diperankan oleh Christian Bale. Akan ada wajah-wajah baru menghiasi franchise ini, seperti Anne Hathaway memainkan peran sebagai "Cat Woman". Apakah ceritanya jauh lebih gelap dari yang sebelumnya? Saya tak sabar menanti.

2. Snow White & The Huntsman


Selama ini putri salju dikenal lemah lembut, baik hati dan tentu... cantik. Namun, Putri Salju (Kristen Stewart) yang ini agak beda. "She is not just pretty but also powerful!"

3. Breaking Dawn Part 2

image source
Dengan segala ejekan dan pujian yang mengalir kepada saga ini, Breaking Dawn Part 2 masih saya pertimbangkan layak untuk ditonton. Saya mau lihat, seberapa bagus ending dari serial karya Stephenie Meyer ini. I hope not to be dissapointed by the final result.
March 20, 2012

Giveaways to win this month!

Saya sangat suka dengan hadiah dan selalu berbinar-binar ketika ada netizen yang baik hati mau bagi-bagi giveaways di blog mereka. Kudu ikut nih buat meramaikan pesta dan sekalian nyoba peruntungan saya. Kamu juga bisa ikut, tapi yang berdomisili di Indonesia aja ya. :)) Nah, mari langsung dilihat aja dan segera join!
>> SEVERUS LOVE << | END: 31 MARET 2012

dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke 21 (saya juga 21 nih tahun ini, glek!), severus love ngasih giveaways 21 items yang kiyut-kiyut seperti tampak pada gambar di atas! detail hadiahnya bisa dilihat langsung di blognya ya \^o^/

>> LOVELY LUE << | END: 2 APRIL 2012

aksesories-aksesories lucu nan manis diatas adalah hadiah buat 2 orang pemenangnya, waaa, kiyuuttt :D


>> MY LOVELY SISTER 1st GIVEAWAY << | END: 31 MARET 2012

Lovely sister ngadain giveaways buat ngerayain pencapaian followernya yang sudah menyentuh angka 150. Hadiah yang dijanjikan juga tak kalah menggoda. Lebih lanjut langsung aja ke liat-liat blognya.

DAAAN


>> DIARY OF A PRODUCT JUNKIE << | END: 31 MARET 2012

March 19, 2012

Bimbingan Skripsi (Perdana!)

Hari ini bener-bener nguji kesabaran saya banget. Pagi hari udah harus (mem)bangun(kan) (diri) jam enam, segera siap-siap (makan, mandi, dandan dan semua-muanya). Begitu ritual selesai, udah harus segera stand by di depan laptop buat kroscek ulang kerjaan dua minggu lau yang dikasih sama pak Muchlis. Terus, jam setengah sembilan udah keluar dari kosan buat ke kampus, apalagi kalau bukan buat bimbingan skripsi perdana dengan Pak Muchlis tercinta. Tapi, ternyata oh ternyata wajah bapaknya nggak nongol juga di ruangannya di lantai empat gedung rekorat sampai jam saya menunjukkan pukul setengah dua belas (kurangin 15 menit, soalnya jam saya sengaja dicepatin)! Olala~~~. Tapi, berkat kesabaran dan ketekunan saya menunggu, akhirnyaaa, saya berhasil juga bimbingan dengan beliau walaupun nggak lama.

inilah yang harus segera saya dapatkan dalam kurun waktu satu minggu ini.

data yang diperlukan
Bismillaaaah! Semoga skripsi ini Allah lancarkan dan mudahkan selalu!
Ama di rumah! Jan lupo doakan Na ma
March 18, 2012

I Will

Insya Allah! @October 6th, 2012.
March 13, 2012

Renungan

“Tidak akan bergeser kaki anak Adam (manusia) pada hari kiamat nanti di hadapan Rabbnya sampai ditanya tentang lima perkara: umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya untuk apa dihabiskan, hartanya dari mana dia dapatkan dan dibelanjakan untuk apa harta tersebut, dan sudahkah beramal terhadap ilmu yang telah ia ketahui.” (HR. At Tirmidzi no. 2340)

Soal Sehat

Hampir setengah hari saya sibuk nonton video-video operasi ginjal, usus buntu, dan lainnya di Youtube. Saya takut, soalnya perut bawah kanan saya terasa agak aneh, agak terasa panas (tapi tidak nyeri ataupun sakit) jika dibandingkan dengan perut kiri bawah saya. Karena hal ini, seringkali muncu pikiran-pikiran buruk dalam kepala saya, "apa mungkin saya kena usus buntu? atau gagal ginjal? atau yang lainnya?" Untuk menemukan sedikit jawaban, saya sibuk browsing kesana kemari buat nyari informasi di internet, baca berbagai artikel kesehatan. 

Sebenarnya ada keinginan untuk memeriksakan diri (secara menyeluruh) ke dokter, tapi saya takut biayanya gede, apalagi hidup saya masih nadah ke orangtua. Dan juga, saya takut jadi stres dan kepikiran terus kalau-kalau saya mengidap salah satu dari berbagai penyakit mengerikan di atas. Ya Allah! saya takut setakut-takutnya, ngeri jika harus berurusan dengan rumah sakit dan sejenisnya. Itu adalah tempat yang sama sekali tidak ingin sering-sering saya kunjungi selama saya masih hidup di dunia ini... >,< 

Pikiran saya mulai melantur kemana-mana jadinya, sampai kepikiran mati akibat salah satu penyakit menggerogoti tubuh saya. Masya Allah! Memang, semua manusia yang hidup di atas dunia pasti akan mengalami kematian. Al-Quran pun telah jelas-jelas mengatakan demikiran, dan itu fakta yang tidak dapat dielakkan. Namun, ketika kamu ingat dosa-dosamu yang segunung dan seluas langit dan bumi, pikiran kematian itu menakutkan dan seram pasti akan bercokol di kepalamu dan mulai menyadarkan dirimu bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Saya merasa dosa-dosa saya yang amat amat banyak, banyak orang-orang yang telah saya sakiti dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Mana lagi, lumbung amal dan pahala saya terasa masih sedikit, saya nggak kuat memikirkan tempat saya di akhirat kelak kalau ajal menjemput saya. T.T

Saya pengen tobat dan hidup secara damai dan bahagia dalam tuntunan agama Islam. Saya sedang berusaha ke arah itu. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada setiap orang yang pernah merasa tersakiti, atau saya sakiti selama ini, saya khilaf dan masih terus berusaha memperbaiki diri. Manusia memang sudah dari sananya tempat berbuat salah, sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang menyadari kesalahannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi dan terus memperbaiki diri.

*semoga isi blog ini lebih bermanfaat lagi ke depannya buat saya dan pembaca. Amin.*
March 11, 2012

Skripsi

Saya berharap skripsi yang sedang saya garap saat ini bisa saya selesaikan dengan baik dan tepat waktu. Please, be sweet yah my skripsi.
March 09, 2012

Ramble

I got consfused to be "WHO" in the future. I have chosen my path in Statistics, but I feel like I don't belong here. I look at my friends, my friends's friends, and people around me, they all seem to be happy with their life and their choices. They look cool and surrounded by people who support them too. Sometimes, I get envy to them easily, that is very bad of me. And soon, I regret my choice and think about many possible things to do to make my own living.

Perhaps, it is what people call as "a journey to find your passion", "a journey to find your trueself". I don't know.

Jangan Abaikan Sakit Gigimu!

Pagi ini saya menikmati pagi dengan baca artikel-artikel di sini. Kebetulan, saya nemu artikel tentang seseorang bernama Kyle Willis yang meninggal dunia akibat tidak mengobati sakit giginya. Saya tertarik ingin membahas pengalaman saya yang berkaitan dengan berita tersebut sekaligus share di sini. Saya sendiri juga pernah mengalami serentetan pengalaman sakit gigi waktu kecil hingga puncaknya saya harus menjalani perawatan saluran akar untuk gigi geraham atas yang akar-akarnya sudah dinyatakan mati oleh dokter. 

Saya orangnya dulu emang cukup tidak terlalu care dengan rutinitas sikat gigi sebelum tidur. Kalau udah ngantuk, pasti segera nempel di kasur dan terlelap. Walaupun sudah bolak-balik kamar mandi kalau kebelet ke belakang, tapi tetap aja saya nggak ada niatan buat menggosok gigi. Nah, saya baru tobat dan mulai rajin sikat gigi setelah mengalami sakit gigi luar biasa yang bikin aktivitas saya terganggu tiga tahun yang lalu. Gigi geraham atas saya berlubang dan mulai nyeri nyut-nyutan. Beruntung mama waktu itu berkunjung ke Jakarta sehingga saya bisa ngadu ke mama mengenai gigi geraham yang bolong itu. Segeralah saya dan mama pergi ke RS RESTU (berhubung saya cuma tau rumah sakit itu karena dulu pernah pergi sama papa bongkar buat "isi" telinga ;p). Tapi, sayangnya, tambalannya kurang oke, jadi nggak sampai dua minggu tambalan di gigi saya menipis trus gigi saya sakit lagi.

Karena males ke dokter gigi lagi (karena nggak tau dokter gigi yang yahut harga dan kualitasnya di Jakarta) saya biarin aja tuh gigi geraham sampai kira-kira 3 bulanan dengan kondisi bolong yang tak tertutup rapih. Saya baru merasa menyesal telah mengabaikan gigi geraham itu ketika saya berkunjung kedua kalinya ke dokter gigi langganan mama di "Klinik Gigi" di Jalan Veteran, Padang saat pulang liburan. Gigi saya yang seminggu sebelumnya sudah ditambal baru oleh dokter ngilu luar biasa dan bikin kepala saya sakit. Selain itu juga bikin pipi kiri - agak dekat hidung - bengkak ketika ditekan. Saya langsung balik lagi ke dokter gigi langganan buat lapor dan membongkar hasil tambalan tersebut. Setelah di'kerjain' ulang dan gigi saya dilihat dan dipelajari kembali oleh dokternya, saya dijatuhi vonis bahwa gigi saya tidak bisa ditambal biasa dan harus ke dokter spesialis buat menjalani perawatan saluran akar. Oke, perawatan saluran akar, btw itu kayak mana ya?

Awalnya respon saya terhadap vonis sang dokter biasa-biasa aja, oh palingan dirawat lebih intens dibandingin ditambal biasa, begitu pikir saya. Eh tapi, begitu baca-baca artikel di internet mengenai PSA (Perawatan Saluran Akar), hati saya langsung menciut. Berobatnya nggak mungkin sekali datang, rata-rata begitu yang saya baca. Namanya juga perawatan, jadi harus beberapa kali datang buat menjalani berbagai prosedur yang berbeda di setiap kunjungan ke dokter. Yang bikin saya menelan ludah dan berpikir keras, biaya yang dikeluarkan setiap kunjungan PSA ini nggak sedikit ternyata, bisa sampai jutaan kata orang-orang yang pernah menjalaninya. Saya langsung lemes, profesi saya yang masih mahasiswa dengan tiga adek yang butuh biaya buat pendidikan juga bikin pikiran saya bercabang kemana-mana buat nyari duit nombokin pengobatan geraham mati saya ini. Ada pilihan lain juga sih, dan benar-benar pilihan terakhir kayaknya, yaitu, geraham tersebut dicabut aja. Tapi, saya takut setengah mati ngelakuin option itu karena setelah baca-baca di internet juga sebaiknya kalau gigi di bagian atas itu jangan dicabut kalau bolongnya udah parah karena kalau salah cabut dan mencederai sarah penting di kepala dapat mengakibatkan kematian! Serem banget dengernyaaa, apalagi ngebayangin terjadi pada saya. Ampuuun ya Rabb!

Jadi, saya cuman bisa manggut-manggut begitu dokternya kasih penjelasan kalau gigi geraham saya itu sudah parah lubangnya dan sudah kena ke akar giginya.

bersambung...
March 06, 2012

Semangat Akhir


Ketika mimpi dibentuk demi sebuah masa depan,
Ketika awal merupakan cobaan berbumbu duka, sedih, nestapa, bahagia, haru, dan impian yang jauh lebih tinggi,
Ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan, 
Ketika lelah dan penat membebani pundak di tengah perjalanan, 
Ketika tak ada lagi suntikan semangat dalam dosis tinggi di dalam nadi,
Ketika aku sampai di ujung perjuangan,
Ketika aku ingin mengakhiri ini semua, 
Inilah titik nadir dan semangat yang tersisa yang nyalanya tetap tersulut di dalam dada,
Ketika keindahan adalah luka yang merobek-robek sukma dan menguliti jati diriku,
Aku berusaha memenuhi janji pada diri sendiri untuk berubah menjadi lebih baik agar mampu mengarungi kehidupan dengan 'sepatu' yang telah kupilih!
March 02, 2012

Padang Hari 2

Kemarin saya sampai di rumah buat liburan. Senang banget pastinya karena bisa ngumpul lagi ama keluarga dan bisa makan masakan mama :D. Rencananya saya akan menghabiskan liburan di rumah aja selama lebih kurang dua minggu, mungkin sampai tanggal 18 Maret. Lihat nanti juga sih.

Ada cukup banyak perubahan baru yang saya temui semenjak lebih kurang empat bulan lebih meninggalkan rumah. Apa aja? Let photos tell their stories.
sebagian kerjaan renovasi rumah yang setengah selesai
depan rumah yang belum rebes
tersangka yang bikin jidat kiri saya benjol sebesar telur puyuh >:\
tampak bawah nih
cuaca Padang pagi hari bisa aja cerah, sorenya? hujan deras!